2 Cara Mengatasi Google Play Store Error

AdBlocker Terdeteksi

Demi kemajuan situs ini, mohon bantu kami untuk mematikan AdBlocknya yaa..


2 Cara Mengatasi Google Play Store Error
2 Cara Mengatasi Google Play Store Error

Anda pasti mengenal Google Play Store, siapa yang tidak tau Google Play Store. Google Play Store adalah toko berbagai macam file yang berformat APK kepanjangannya adalah Android Package Files atau yang lebih dikenal sebagai tempat download aplikasi dan game resmi dari google untuk Android. Mendownload di Google Play Store bukan hanya karena resmi tetapi juga karena bebas dari malware-malware yang berbahaya untuk Android. Tetapi Apa yang terjadi jika tidak bisa download di google play, pasti sangat mengecewakan terutama bagi yang hobi download. Namun, Anda tidak usah khawatir karena saya akan memberi beberapa tips untuk mengatasinya.

Berikut Cara Mengatasi Download Error di Google Play Store:

— TANPA ROOT —

1. Clear Data Dan Cache

Ada dua cara untuk membersihkan chace. Pertama dengan fasilitas bawaan Android dan yang kedua dengan apikasi. Untuk cara pertama masuk ke Setting > Application > Manage Application > All. Cari Google Play Store kemudian Clear Data dan tekan Ok. Dan untuk cara yang kedua bisa dilihat disini.

2. Space Memori Internal

Space memori internal sangat berpengaruh pada aplikasi/game yang didownload, karena aplikasi/game yang itu akan terinstall pada memori internal. Jika Android anda tidak mempunyai space yang cukup, maka bisa dipastikan akan terjadi error. Untuk mengatahui space pada memori internal masuk ke SD card and phone storage.

Lihat pada memori internal, pastikan space melebihi memori yang terpakai. Jika ternyata space pada memori internal tidak memadai untuk menginstall lagi aplikasi maka cuma ada satu cara untuk itu yaitu memindahkan aplikasi ke SD Card. Tapi masalahnya kadang-kadang ada aplikasi yang tidak mau dipindahkan. Untuk memindahkannya silahkan dilihat cara memindahkan aplikasi android ke sd card.

3. Periksa Koneksi Internet

Koneksi internet juga sangat mempengaruhi proses download, jika koneksinya terlalu lambat, maka proses download akan menjadi lama atau bahkan akan menjadikan download error seperti yang anda alami, saya sering mengalaminya karena jaringan operator yang saya pakai sekarang di daerah saya cuma sebatas Edge meskipun pada deskripsi paketnya kecepatan sampai 7.2Mb. Jadi intinya adalah jika anda sedang menggunakan jaringan seluler, kemungkinan koneksi jaringannya lambat. Kalau anda sedang menggunakan wifi, kemungkinan wifi yang anda gunakan memblokir akses download di Google Play Store, tes saja browsing menggunakan opera mini atau yang lain.

4. Instal Ulang Google Play Store

Jika tips diatas masih belum bisa mengatasi masalah Anda, ada baiknya Anda melakukan tips ini:
Masuk ke Setting > Aplication  > Manage aplication > All. Cari Google Play Store kemudian Uninstall update.

Baca:  Cara Mematikan dan Menonaktifkan Autoplay Video di Instagram

5. Melakukan Reset Data

Melakukan reset data adalah cara terkhir jika tips diatas masih saja belum bisa mengatasi masalah Anda. Reset adalah mengembalikan pengaturan ke pengaturan pabrik, untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca cara melakukan reset pada Android.

2 Cara Mengatasi Google Play Store Error

— Dengan Cara ROOT —


Note : Jika cara pertama tidak berhasil silahkan memakai cara ini!ingat backlup dulu file host (DO WITH YOUR OWN RISK!)

**ROOT IS REQUIRED!**

1. Download Total Commander/Root explorer dll (bisa download dengan black market/lewat PC)
2. Install.
3. Open Total Commander/Rootex dll, lalu masuk k folder system.
4. Buka folder etc.
5. Cari file dgn nama “hosts”, lalu tekan beberapa detik, pilih Open in Text Editor (kalo d Root explorer).
6. Tambahkan —> ” # ” pada awal baris kedua, contoh –> ” #74.125.93.113 android.clients.google.com ” (kalo ip nya bukan 74.125.93.113 ganti aja dengan ip tersebut).
7. Save file.
8. Reboot hh ente.
9. Buka play store.
9. Add Google Account.
10. Done!

Selamat Mencoba ,Salam UnduhDroid ^^


2 Cara Mengatasi Google Play Store Error


loading...

Baru dibaca:

loading...

Leave a Reply