Apakah Antivirus Di Android Perlu? Ini Dia Jawabannya

Apakah Antivirus di Android Perlu? ini dia Jawabannya

Saat ini Android menjadi pemuncak sistem operasi pintar di mobile. Total sudah sebanyak 97% atau tepatnya 814 program jahat coba menyerang sistem yang terbuka ini pada tahun 2013. Jumlah ini paling banyak dibandingkan dengan yang lainnya.

Tentunya Google juga sudah memikirkan untuk membentengi si robot hijau. Sekarang sudah terdapat Google Play Services untuk menjaga Android dari program jahat. Aplikasi ini otomatis terpasang di setiap Android.

Google Play Services memiliki fitur real-time scanner untuk memverifikasi setiap aplikasi. Fitur yang melindungi dari aplikasi atau program jahat. Meski banyaknya malware yang coba menyerang, menurut laporan Google hanya kurang dari 1% yang terjangkit malware.

Untuk mengeceknya, kamu dapat ke Settings > Security > dan lihat apakah Verify Apps sudah aktif atau belum. Atau bisa juga ke Google Settings > Verify Apps.

Perlukah Install Antivirus di Android?
Install antivirus perlu dan tidak perlu. Tentu jika kamu menginstalnya akan ada keamanan lebih. Biasanya para peretas mencoba celah keamanan setiap sistem operasi. Kiat aman tanpa antivirus pun bisa dijalani, asal kamu mengikuti beberapa tips berikut ini :

  1. Hindari install aplikasi di luar Google Play Store Android.
  2. Hindari mengunjungi situs bajakan, porno dan judi. Biasanya banyak disusupi program jahat.
  3. Lihat review komentar dan rating di Google Play Store Android. Jika komentar dan rating-nya bermasalah/buruk sebaiknya tidak diinstal.

Sekarang ini banyak juga Antivirus yang tidak sekedar melindungi dari program jahat, tetapi juga memiliki kemampuan melacak ponsel. Jika ya kamu ingin melindungi ponsel, kamu dapat memasangnya. ^.^

Gravatar Image
www.unduhdroid.net adalah sebuah situs yang menyediakan konten khusus seputar tips dan trik, aplikasi, games, dan review hape dan smartphone android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *