Mengenal Lebih Jauh Tentang GPU Pada Android

Sebenarnya apakah GPU Pada Android itu. Kenapa hal ini menjadi cukup penting untuk kita ketahui buat artikel Mengenal Lebih Jauh Tentang GPU Pada Android. GPU merupakan sebuat chip yang terletak didalam smartphone Android yang kita miliki. Untuk lebih Mengenal Lebih Jauh Tentang GPU Pada Android mari simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang GPU Pada Android

1. Apakah GPU / Graphics Processing Unit?
GPU atau Graphics Processing Unit adalah chip yang bekerja mengotaki kinerja grafis pada perangkat khususnya yang berbasis Android. GPU tidak lain adalah Video Graphics Adapter (VGA) PC/Komputer karena pada dasarnya prinsip kerjanya sama. Tentu GPU memegang peranan penting pada perangkat berbasis Android ketika digunakan untuk bermain game-game 3D kelas High Definition (HD) atau video berkualitas tinggi. Tentu semakin tinggi kualitas GPU maka semakin mahal harga sebuah perangkat Android.

2. Cara kerja Graphics Processing Unit

Saat GPU menerima raw data,serangkaian proses panjang dimulai dan diakhiri dengan memunculkan gambar di layar perangkat. Graphics Pipeline, yaitu channelling agar data dalam card sampai pada frame buffer, umumnya hampir sama pada semua graphics card yang ada saat ini. Seluruh proses tersebut diulang untuk setiap gambar (frame). Agar dapat menghasilkan gerakan yang cepat.

Setelah data dikirim ke GPU melalui interface, langkah pertama proses pipeline-nya adalah mempersiapkan kalkulasi (pre-calculation) dan mengubah data dengan menggunakan sebuah pre-processor (setup Engine atau Input Assembler). Pre-processor ini mendeteksi jenis data, apakah berkaitan dengan vector,gambar,dank ode program, dan mempersiapkan raw data sehingga dapat diproses oleh modul yang tepat. Disini, ditentukan apakah raw data diproses oleh sebuah Vertex Shader, Geometry Shader, Pixel Shader, atau sebuah texture unit.
Prinsipnya, sekarang gambar sudah jadi. Proses yang diperlukan hanyalah penyempurnaan malalui berbagai filter agar scane terlihat lebih realistis. Untuk itu tekstur, yaitu Bitmaps (gambar) yang sudah jadi, akan diproyeksikan menjadi sebuah objek 3D (Texture Mapping). Dengan cara ini, dengan mudah dihasilkan gambar-gambar yang terlihat seperti foto minus fleksibelitas sebuah objek 3D. Jadi obyek yang dibentuk oleh tekstur dapat terlihat bagus dari depan, namun terlihat datar saja dari samping. Anisotrophic filtering, yang juga ditempatkan dalam tekstur units, berfungsi agar teksture yang sudah terdistorsi secara perspektif dapat ditampilkan secara tajam dari kejauhan.

3. Jenis Graphics Processing Unit

Adreno

Mengenal Lebih Jauh Tentang GPU Pada Android

Adreno merupakan buatan ATI yang sekarang merupakan anak perusahaan AMD dulu disebut seri ATI imageon. Pada tahun 2008, AMD imageon di jual ke salah satu produsen prosesor terkemuka, yaitu Qualcomm. Dan sekarang ATI/AMD hanya mensupport arsitektur dan pengembangannya saja. Kini seri Adreno merupakan bawaan dari semua SOC (System On Chip) buatan Qualcomm.
Adreno sendiri juga dibagi menjadi beberapa kelas:

  • Adreno 130, yang berada didalam SOC Quallcom seri MSM7xxx.
  • Adreno 200, yang berada pada QSD8x50 (snapdragon gen 1, QSD mrupakan kode dari seri SOC snapdragon) and MSM7x27 (MSM merupakan kode untuk produk SOC quallcom untuk seri general). Biasanya, Adreno seri ini dipakai di handheld Android kelas low-end (spesifikasi rendah, dengan prosesor 600-800 MHz).
  • Adreno 205 di QSD8x50A (1.3 GHz), MSM7x30 (800 MHz+L2 cache), MSM8x55 (1 GHz+L2 cache).
  • Adreno 220, merupakan andalan mereka yang terbaru, GPU ini memiliki Multi Core (lebih dari satu inti prosesor). Seri ini dan Adreno 220 biasanya dipakai di handheld Android kelas Mid-End dan High-End (spesifikasi tinggi, dengan prosesor diatas 1GHz).

PowerVR

Mengenal Lebih Jauh Tentang GPU Pada Android

PowerVR merupakan buatan video logic yang dulu juga pernah meramaikan pasar VGA, namun seiring dominasi NVIDIA dan ATI, video logic kini hanya bermain di dunia GPU mobile gadget. PowerVR sendiri tidak di produksi dalam bentuk jadi oleh power logic namun mereka hanya membuat draft arsitekturnya yg dijual lisensinya ke berbagai produsen prosesor terkemuka seperti NEC, Intel, Freescale, Texas Instruments dan lain-lain.

Seri PowerVR sendiri sekarang sudah mencapai 6 seri, seri 2 nya pernah dipakai pada console game tahun 1900-an, yaitu Dream cast dan Sega saturn. Seri powerVR SGX 5 merupakan seri yang paling sering ditemui pada smartphone, SGX 5 sendiri merupakan GPU elite dalam dunia smartphone.
Seri SGX yang tercatat pernah dipakai dalam berbagai smartphone dan gadget berikut:

  • SOC A4/SGX535 (iPhone 4/ipod gen4/ipad)
  • SOC Hummingbird/SGX540 clock 200 (Samsung Galaxy S)
  • SOC OMAP seri 3/SGX530 (Droid X, Motorola Defy, Samsung Galaxy SL, Motorola Mile 2, Droid 2 dan LG optimus Black)
  • Intel GMA 500 dan GMA 600 juga menggunakan SGX535 sbg VGA onboard intel atom
  • Varian seri 5 berikutnya adalah SGXMP (MP disini mengindikasikan jumlah core) SOC OMAP 4 (4430)/SGX540MP quadcore clock 300 (Blackberry Playbook, LG Optimus 3D).
  • SOC A5/SGX543MP2 (iPad 2).
  • SGX543MP4, yang dipakai di Playstation Vita.
  • Selain itu seri dewa berikutnya, SGX544MP+ akan berada di OMAP 5 yg menggunakan quadcore dual CPU A15 (eagle platform)+ dual CPU Cortex-M4 cores dgn clock prosesor hingga 2 GHz.

Mali

Mengenal Lebih Jauh Tentang GPU Pada Android

Seri Mali, GPU ini merupakan arsitektur buatan ARM, walaupun masih jarang terdengar namanya, namun kekuatannya tidak bisa diremehkan. Seri-seri GPU Mali beredar mulai dari HDTV, game console (PS3), hingga smartphone. Khusus untuk smarphone, seri yang digunakan adalah Mali 400MP4 (MP adalah indikator core yang digunakan). GPU ini merupakan bagian dari SOC Exynos dualcore CPU 1.2ghz A9 milik Samsung Galaxy S II. Kabarnya Mali 400MP4 ini mampu merender hampir setara PS3 maupun Xbox 360.

Kelas Graphics Processing Unit

a. Kelas low end
– Adreno 130 (HTC Hero)
– Adreno 200 (GALAXY MINI/Fit/Ace, Nexian Journey, CSL MI320, Desire, Nexus One, Droid Incridible, X10)
– Power vr 530 (Milestone1, Charm)

b. Kelas mid end
– Adreno 205 (CSL MI410, Galaxy W, Huawei X5, Xperia Mini/Pro/Active, Droid X, HTC Thunderbolt, SE Play)
– PowerVR 535 (iPhone 4/ iPod gen4/ iPad)
– Hummingbird/SGX540 clock 200 (Samsung Galaxy S/ Tab1/ Epic 4G)

c. Kelas high end
– SOC A5/SGX543MP2 (iPad 2)
– SGX543MP4, yang dipakai di Playstation Vita
– Adreno 220 (HTC Sensation)
– Nvidia Tegra 2 (LG Optimus 2X)
– Mali 400MP2 (Galaxy S II )
– SGX544MP+ akan berada di OMAP 5 yg mnggunakan quadcore dual CPU A15
– Adreno 225
– Mali 400MP4 (Galaxy S3)

Sekian Postingan Tentang Mengenal Lebih Jauh Tentang GPU Pada Android Kali ini, Salam UnduhDroid

Gravatar Image
www.unduhdroid.net adalah sebuah situs yang menyediakan konten khusus seputar tips dan trik, aplikasi, games, dan review hape dan smartphone android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *